Minggu, 23 Oktober 2011

Tugas 2 Mata Kuliah Dasar Teknologi informasi dan komunikasi

Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007
Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.
Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan.
 Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan
Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini. Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagi menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab (lihat gambar 1.2) yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.

Bagian 1
Mengenal Microsoft Office Word 2007
Pada bab ini akan diuraikan tentang perkenalan terhadap Microsoft Office Word 2007 seperti membuka dan menutup jendela Word 2007, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen baru, mengenal jendela Word 2007 dan mengenal dasar pengetikan yang merupakan langkah awal yang benar-benar harus dikuasai dalam mempelajari Microsoft Office Word 2007.

1.1 Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
v     Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
v     Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu .
v     Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft Office Word 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.
Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut di desktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007.Adapun untuk membuat shorchut tersebut adalah:
v     Klik Tombol Start yang ada di taskbar lalu pilih All Program
v     Sorot Microsoft Office dan klik kanan pada Icon Microsoft Office Word 2007.
v     Ketika muncul sejumlah menu (gambar 1.1 b), klik Send To dilanjutkan dengan mengklik Desktop (create shorchut).

1.2 Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
v     Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
v     Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands.
v     Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
v     Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
v     Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
v     Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
v     Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain.
v     Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
v     Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
v     Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.

1.3 Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
v     Klik tombol Microsoft Office , lalu klik New.
v     Maka keluar kotak dialog New.
v     Pada kotak dialog new documen, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan seperti:
Blank document, untuk dokumen yang kosong.
Installed template untuk membuat dokumen dari bebera template yang disertakan
dalam paket Microsoft Word.
My Template untuk dokumen dari template buatan.
New from existing untuk membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada
file yang telah disimpan.
Jika komputer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat
menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.
Jika sudah dipilih, klik Create. Atau bisa juga menggunakan cara alternatif:
v     Klik tombol New Document yang ada pada toolbar quick access (jika sudah dibuat).
v     Apabila pada toolbar Quick Acces belum terdapat icon file, klik gambar panah di ujung toolbar lalu klik (tandai) pada kata new.
v     Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.

1.4 Mengenal Dasar Pengetikan
Ada dua istilah dalam pengetikan taitu Insertion point dan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.

Tombol Fungsi
Backspace: Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kiri insertion point
Delete: Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kanan insertion point
Enter: Membuat paragraf baru
Home: Berpindah ke awal baris
End: Berpindah ke akhir baris
Ctrl + Home: Berpindah ke awal dokumen
Ctrl + End: Berpindah ke akhir dokumen
Page Up: Berpindah ke atas satu layar
Page Down: Berpindah ke bawah satu layar
Ctrl + Page Up: Berpindah ke atas satu halaman
Ctrl + Page Down: Berpindah ke bawah satu halaman

1.5 Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah:
v     Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save As. (atau tekan CTRL+S
v     untuk perintah di key board atau juga icon untuk di toolbar quick access).
v     Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As.
v     Pada pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
v     Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name, lalu klik Save.

1.6 Menyimpan Setelah Melakukan Perubahan
Untuk menyimpan dokumen yang baru saja di rubah di file asalnya (file itu juga), caranya tinggal Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save (atau tekan CTRL + S di keyboard).

1.7 Menyimpan Dokumen Dengan Nama Lain
Untuk menyimpan dokumen yang sudah di simpan pada sistem Microsoft Office 2007, dan ingin disimpan dengan nama lain (tidak disatukan dengan dokumen asli), maka:
Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save as . (atau tekan F12 di key
board).
�� Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As (Gambar 1.4). Ketikkan nama file
dokumen baru (tidak boleh sama dengan nama sebelumnya) pada kotak file name, lalu
klik Save.

1.8 Menyimpan Dokumen Ke Format Lain.
Secara default, Microsof Word 2007 memiliki ektensi (akhiran) docx. Untuk menyimpan
dokumen yang baru saja kita buat pada sistem Microsoft Office 2007 ke format lain caranya:
v     Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save as. (atau tekan F12 di key board). Maka muncul kotak dialiog Save As (Gambar 1.4).
v     Pada pilihan save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
v     Pada kotak File name, masukan nama baru (jika namanya ingin dirubah).
v     Pada pilihan Save as type, klik format file dokumen yang diinginkan.
v     Klik Save.

1.9 Membuka Dokumen
Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkah-langkahnya:
v     Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Open. (tekan CTRL+O di keyboard).
v     Keduanya akan menampilkan kotak dialog open.
v     Pada pilihan Look in tentukan folder atau drive yang dijadikan tempat penyimpanan.
v     Pada pilihan File of type, klik format file dokumen yang dimaksud.
v     Pada Deretan file atau folder yang ada, klik file yang akan dibuka. Jika file terdapat pada
v     folder, maka folder tersebut harus dibuka dengan cara double klik pada folder tersebut.
v     Klik Open.

1.10 Menutup Dokumen Pada Microsoft Office Word 2007
Untuk menutup dokumen pada Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:
v     Klik tombol Microsoft Office
v     Klik close yang berada paling bawah deretan menu atau tekan (CTRL + W di keyboard).
Terdapat tiga tombol yaitu:                            
v     Yes untuk menyimpan dokumen/file ke file dokumen baru (jika belum disimpan sebelumnya) atau ke dokumen lama (jika sudah disimpan sebelumnya). Jika yang dibuka file dokumen lama, maka segala macam bentuk perubahan akan disimpan pada file dokumen tersebut.
v     No untuk keluar dan abaikan penyimpanan
v     Cancel untuk membatalkan perintah keluar.

1.11 Mengakhiri Microsoft Office Word 2007
Untuk mengakhiri Microsoft Office Word 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut:
v     Klik tombol Microsoft Office .
v     Klik Exit Word yang berada di sudut kanan bawah deretan menu atau tekan saja ALT + F4 di key board.
v     Atau dapat juga dengan menekan tombol close di sudut kanan atas .


Bagian II
Melakukan Pengeditan Teks

2.1 Menandai teks
Menandai teks bisa diistilahkan dengan menyorot teks, memilih teks atau juga memblok teks. Cara memilih teks, bisa menggunakan mouse, keyboard atau gabungan keduanya.
a) Menggunakan Keyboard, tombol yang digunakan
b) Menggunakan Mouse
c) Menggunakan mouse dan keyboard

2.2 Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkahlangkahnya:
v     Pilihlah teks yang akan dipindahkan
v     Klik home, pada grup Clipboard, klik icon cut (atau CTRL + X di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik cut.
v     Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
v     Masih di tab home, klik icon paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.

2.3 Menyalin Teks
Untuk menyalik teks ke lokasi baru pada dokumen yang sedang di kerjakan, langkahlangkahnya:
v     Pilihlah teks yang akan dipindahkan
v     Klik tab home lalu klik icon copy (atau CTRL + C di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada teks yang terpilih lalu klik copy.
v     Tentukan lokasi baru tempat menyimpan teks yang kita ambil tadi.
v     Masih di tab home, klik icon paste paste (atau CTRL + V di keyboard) bisa juga dengan klik kanan pada tempat baru lalu klik paste.

2.4 Undo dan Repeat/Redo
Undo adalah untuk membatalkan perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word. Caranya dengan menekan icon undo pada quick access toolbar atau dengan menekan CTRL + Z di keyboard.
Repeat adalah untuk mengulang perintah yang baru saja diberikan pada Microsoft Word. Caranya dengan menekan icon repeat pada quick access toolbar atau dengan menekan CTRL + Y di keyboard.
Ketika menekan icon undo, maka tombol repeat berubah menjadi tombol redo
begitupun fungsinya yaitu untuk membatalkan perintah undo.

2.5 Menemukan Kata Pada Dokumen Yang Tersebar
Untuk menemukan sebuah kata pada dokumen yang tidak terlalu banyak/terdiri dari beberapa halaman, memang mudak tapi coba bayangkan apabila harus menemukan satu kata pada dokumen yang terdiri puluhan bahkan ratusan halaman, alangkah repotnya dan akan menyita banyak waktu. Oleh karena itu, gunakanlah fasilitas find yang ada di Word 2007 dengan cara:
v     Klik tab home lalu cari grup editing dan klik Find (perhatikan gambat 2.1 a) maka muncul kotak dialog Find and Replace.
v     Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang yang akan dicari.
v     Lalu klik Find Next untuk mencari per kata. Atau klik Find in dan lanjutkan dengan
v     mengklik Main Document untuk mencari seluruh kata.

2.6 Mengganti Kata Pada Dokumen
Untuk mengganti beberapa kata yang sama pada dokumen yang terdiri dari banyak halaman alangkah tidak efisien apabila harus ditemukan dahulu dan digantinya satu persatu dan di ketik secara manual. Dan kemungkinan besar ada kata yang terlewat tidak terganti. Misalnya pada sebuah dokumen terdiri dari 50 halaman kita akan mengganti semua kata Sandal dengan kata Sepatu. Dengan menghapus dan menggantinya satu persatu maka kita akan kehabisan waktu karena harus membaca dokumen per baris dan juga besar kemungkina kata tersebut terlewat. Maka untuk menanggulanginya, ikuti langkah berikut:
v     Klik tab home lalu cari grup editing dan klik replace (perhatikan gambar 2.2 a) maka muncul kotak dialog Find and Replace.
v     Pada kotak pilihan Find what tulislah teks yang akan diganti.
v     Pada kotak pilihan Replace with, tulislah kata yang baru.
v     Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang dimaksud.

2.7 Menghapus teks
Untuk menghapus teks,
v     Pilih teks yang akan dihapus
v     Tekan delete di keyboard.


Bagian III
Pengaturan Dokumen
3.1 Menentukan Jenis, Ukuran dan Style Huruf
Untuk memperindah tampilan dokumen, kita dapat mengganti jenis huruf, ukuran huruf, styles huruf maupun warna huruf. Menentukan jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya ada dua cara yaitu:
a) Menggunakan Perintah Singkat (Icon)
Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya dengan menggunakan perintah singkat/icon. Caranya:
Tandai terlebih dahulu teks yang ingin kita rubah atau dapat dilakukan sebelum
memulai mengetik.
v     Untuk merubah jenis huruf, klik item font (pada gambar panah) yang terdapat pada tab home dan grup Font, sehingga muncul daftar huruf dengan preview bentuknya. Lalu Kliklah pada huruf yang akan dipilih.
v     Untuk merubah ukuran huruf, kliklah item font size yang disebelah item font lalu kliklah ukuran huruf yang diinginkan.
v     Untuk membuat huruf cetak tebal, klik icon bold yang berada di bawah item font Click Bold . Atau bisa juga dengan menekan CTRL+B di keyboard.
v     Untuk membuat huruf miring, klik icon italic disebelah kanan icon bold.
v     Untuk menggaris bawahi huruf klik icon underline disebelah kanan icon italic.
v     Untuk membuat huruf naik misalnya perpangkatan (m2), klik icon .
v     Untuk membuat huruf naik misalnya pada rumus kimia (O2), klik icon .
v     Untuk merubah warna huruf klik icon .
v     Untuk merubah bentuk misalnya dari hurup kapital ke huruf biasa, dan sebagainya klik icon lalu pilihlah bentuk yang diinginkan.
b) Kotak dialog fonts.
Dengan metode ini kita dapat melakukan pengaturan terhadap jenis, ukuran, style huruf dan sebagainya dengan menggunakan kotak dialog font. Caranya:
v     Pertama–tama tandai teks yang akan dirubah atau bisa dilakukan sebelum mengetik.
v     Pada tab home, klik perintah untuk menampilkan kotak dialog font pada grup Font
v     atau tekan CTRL + D di keyboard.
v     Maka keluar kotak dialog Font
Keterangan:
v     Font, digunakan untuk memilih jenis huruf yang telah ditandai.
v     Font Style, digunakan untuk pengatur model huruf, apakah cetak tebal (bold), miring
v     (italic), gabungan tebal dengan miring atau reguler (standar)
v     Size, digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah ditandai.
v     Font Color, digunakan untuk menentukan warna huruf yang ditandai.
v     Underline Style, digunakan untuk menentukan jenis garis bawah. Untuk memilih jenis garis bawah, klik-lah tab ini lalu pilih dan klik jenis garis bawah yang diinginkan.
v     Underline Color, digunakan untuk menentukan warna garis bawah yang ditandai.
v     Effects, digunakan jika kita ingin memberikan efek khusus terhadap teks.
3.2 Menentukan Spasi Antar Baris

Apabila diperlukan, Kita dapat mengatur jarak spasi dari baris agar masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengatur jarak spasi baris, ikuti langkah berikut :
v     Pilih paragraf yang akan dirubah.
v     Klik home, pada grup paragraph, klik Icon Line Spacing .
v     Klik format paragraf yang diinginkan.
Catatan:
Untuk memunculkan pilihan lain tentang spasi baris, klik Line Spacing Option yang muncul ketika mengklik icon Line Spacing .

3.3 Menentukan Spasi Sebelum atau Sesudah Paragrap
Untuk merubah spasi/jarak antara sebelum atau sesudah paragrap, ikuti langkah berikut:
v     Pilih paragraf yang akan dirubah.
v     Klik Page Layout, pada grup Paragraph, klik tanda panah Spacing Before atau Spacing After dan masukkan nilai yang diinginkan.

3.4 Menentukan Perataan Paragraf
Untuk menentukan perataan paragrap, langkah-langkahnya:
v     Pilih paragraf yang akan dirubah.
v     Klik home, pada grup paragraph, klik perataan yang diingikan misalnya:
v     Align Text Left untuk membuat teks rata di kiri saja.
v     Align Center untuk membuat teks rata di tengah.
v     Align Text Right untuk membuat teks rata di kanan saja.
v     Align Justify untuk membuat teks rata di kiri dan kanan.

3.5 Mengatur Indentasi
Untuk mengatur indentasi pada paragraf, setelah paragraph dipilih lalu bisa dengan menggeser indent pada ruler atas.
Keterangan:
v     Firt Line Indent berfungsi untuk menentukan garis pertama pada paragrap.
v     Hanging Indent berfungsi untuk membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris lain selain baris pertama.
v     Left Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kiri.
v     Right Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kanan. Apabila ruler belum muncul pada lembar kerja kita, maka klik tab view lalu centang kotak Ruler pada grup Show/Hide.
Cara lain untuk mengatur indentasi adalah dengan mengklik perintah untuk memunculkankotak dialog Paragraph pada tab home dan grup paragraph.
Keterangan:
Pada kotak dialog paragraph di bagian Indentation atur indentasi yang kita inginkan. Meliputi:
v     Kotak isian Before Text, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kiri.
v     Kotak isian After Text, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kanan.
v     Kotak daftar pilihan Special, untuk menentukan indentasi khusus dengan jarak sesuai dengan keinginan kita. Seperti: (none), jika tidak ada indentasi khusus.
v     First line, jika indentasi kiri hanya untuk baris pertama saja.
v     Hanging, jika ingin membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris lain selain baris pertama.
v     Isikan jarak yang diinginkan pada pilihan By:.

3.6 Menyalin Format Suatu Paragrap Ke Paragrap Baru
Misalkan sebuah paragrap dengan jenis huruf Arial ukuran 16 di bold, align center spasi 1,5 akan dicopy pengaturan tersebut ke paragrap lain atau paragrap baru tanpa menyalin teksnya, maka:
v     Letakkan insertion point pada paragraf tersebut (yang akan dicopy formatnya).
v     Klik perintah Format Painter pada tab home di group clipboard maka pointer mouse berbentuk seperti sapu.
v     Lalu klikkan pada paragrap baru (yang akan disamakan formatnya).
v     Atau bisa dengan tekan CTRL + SHIFT + C di keyboard lalu sorot paragrap yang baru (paragrap yang ada atau yang baru setelah menekan tombol enter). Kemudian tekan CTRL + SHIFT + V.

3.7 Menyisipkan Simbol/Karakter Spesial
Dalam mengetik naskah, terkadang kita harus membuat simbol atau karakter khusus pada sebuah lembar kerja yang sedang dikerjakan. Namun tidak peru bingung,
ikuti langkah berikut:
v     Letakan insertion point ditempat simbol yang akan disisipkan.
v     Pada Insert dan di grup Symbols, klik Symbol .
v     Klik jenis karakter yang diinginkan. Jika tidak ada dalam pilihan, maka klik More Symbol maka keluar kotak dialog Symbol.
v     Pada kotak pilihan Font klik pada nama simbol yang diingikan lalu klik jenis karakternya, kemudian klik Insert.

3.8 Membuat Bullet
Bullet adalah gambar-gambar kecil yang berfungsi untuk mempercantik tampilan dari suatu rincian atau urutan tertentu yang otomatis dilakukan oleh komputer. Langkah langkah membuat Bullet:
v     Pilihlah paragrap yang akan diberikan bullet.
v     Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Bullets .
v     Klik gambar bullet yang diingikan. Namun apabila gambar tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Bullet, kemudian klik Symbol atau Picture.
v     Maka keluar kotak dialog symbol atau kotak Picture bullet.
v     Klik salah satu symbol atau gambar yang dinginkan, lalu klik OK lalu klik OK kembali.

3.9 Membuat Penomoran Otomatis
Untuk membuat penomoran otomatis pada suatu rincian, caranya:
v     Pilihlah paragrap yang akan diberikan penomoran.
v     Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Numbering .
v     Klik jenis penomoran yang diingikan. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Number Format, maka muncul kotak dialog.
v     Pilihan number style, adalah untuk menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan
v     Pada pilihan font, adalah untuk menetukan format penomoran.
v     Pada pilihan alignment adalah untuk menentukan perataan penomoran, bukan perataan paragrap.

3.10 Membuat Bingkai dan Warna Belakang Pada Paragraf
Untul lebih memperindah lembar kerja/dokumen kita, terkadang harus menambahkan bingkai dan warna belakang paragrap dengan cara. Tandai teks yang akan diberi bingkai Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background yang akan menampilkan kotak dialog border and shading.
v     Untuk memberi bingkai klik tab Borders lalu tentukan:
v     Pada kotak pilihan style, pilihlah jenis garis yang ingin digunakan.
v     Pada kotak pilihan Color, pilihlah warna garis yang diingikan.
v     Pada kotak pilihan Width, pilihlah lebar garis yang diingikan.
v     Pada kotak pilihan Apply to:, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.
v     Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box, Shadow, dll) lihatlah hasilnya pada preview.

Gamnbar 3.10
Untuk memberi warna belakang paragrap, masih di kotak dialog Border And Shading, klik tab Shading lalu tentukan:
v     Tentukan warna yang ingin digunakan pada kotak pilihan fill atau patterns.
v     Pada kotak pilihan Apply to:, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.
v     Lihat hasilnya pada preview.
v     Apabila sudah ditentukan Klik OK dengan catatan kita bisa melalukan pengaturan pada border saja atau shading saja maupun kedua-duanya.


Bagian IV
Melakukan Pengaturan Pada Halaman

4.1 Membuat Bingkai Pada Halaman
Untuk mempercantik dokumen, kita bisa menambahkan bingkai pada halaman dengan cara:
v     Tandai teks yang akan diberi bingkai
v     Klik menu Page Layout lalu klik Page border pada grup Page Background
v     yang akan menampilkan kotak dialog border and shading.
v     Klik tab Page Borders.Lakukan Pengaturan pada:
·        Kotak pilihan style, adalah untuk memilih jenis garis yang ingin digunakan.
·        Kotak pilihan Color, adalah untuk memilih warna bingkai yang diingikan.
·        Kotak pilihan Width, adalah untuk memilih lebar bingkai yang diingikan.
·        Kotak pilihan Art, adalah untuk memilih jenis bingkai lain apabila tidak ingin menggunakan garis.
·        Pada kotak pilihan Apply to:, tentukan kemana penerapan yang akan digunakan misalnya teks atau paragrap.
·        Pastikan pada setting yang terpilih bukan pilihan none (bisa Box, Shadow, dll) lihatlah hasilnya pada preview.
·        Klik OK

4.2 Ukuran, Orientasi dan Batas Pinggir Kertas
a) Untuk menentukan ukuran kertas dan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:
v     Klik tab Page Layout.
v     Klik perintah size di grup Page Setup .
v     Apabila tidak ditemukan ukuran yang diinginkan klik more paper size yang akan
v     memunculkan kotak dialog Page Setu. Lalu tentukan:
·        Lebar kertas pada kotak pilihan Width
·        Tinggi kertas pada pilihan Height.
·        Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.Lalu klik OK.
b) Untuk menentukan Orientasi kertas langkah-langkahnya:
Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup, klik perintah Orientation. Lalu klik di salah satu pilihan orientasi meliputi potrait untuk orientasi tegak dan landscape untuk orientasi mendatar.
c) Untuk menentukan batas pinggir kertas (margin), langkah-langkahnya:
Masih di tab Page Layout dan grup Page Setup, klik perintah Margin lalu klik
ukuran margin yang dikehendaki. Apabila tidak ditemukan ukuran yang diinginkan klik custom margin yang akan memunculkan kotak dialog Page Setup. Lalu tentukan:
Pada kotak pilihan Top tentukan lebar margin atas.
v     Pada kotak pilihan Bottom tentukan lebar margin bawah.
v     Pada kotak pilihan Left tentukan lebar margin kiri.
v     Pada kotak pilihan Right tentukan lebar margin kanan.
v     Pada kotak pilihan Gutter tentukan lebar penjilidan dan pada kotak pilihan Gutter position tentukan letak penjilidan apakah dikiti, diatas atau di kanan (apabila menggunakan penjilidan). Perintah ini diabaikan saja apabila tidak ingin menggunakan penjilidan.
v     Pada pilihan Apply to: tentukan penerapan yanga akan digunakan apakah seluruh dokumen atau dari halaman aktif sampai akhir.
v     Lalu klik OK

4.3 Header dan Footer
Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan Footer (catatan kaki) kebalikan dari header. Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.
v     Klik Tab insert.
v     Klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer. Llalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.
v     Ketikkan teks yang untuk header/footer sesuai dengan keinginan kita.
v     Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer
v     Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header.Lalu Ketikkan teks untuk header
v     Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header dan footer untuk keluar dari format ini.
v     Untuk mengedit header/footer tinggal klik perintah Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik edit header/footer.
v     Dan untuk menghapusnya, klik perintah kembali Header atau Footer pada Grup Header & Footer lalu klik Remove header/footer.

v     4.4 Footnone/Endnote
Footnote/Endnote adalah catatan kaki yang digunakan untuk memberikan komentar sebuah kata yang ada pada dokumen. Biasanya ditandai dengan nomor. Hanya saja Footnote/Endnote ini tidak akan tampil di setiap halaman . untuk Footnote, komentar akan tampil di bawah halaman tempat kata yang diberi komentar itu berada. Sedangkan pada Endnote, komentar akan tampil di akhir dokumen.
Langkah-langkah untuk membuat footnote/endnote:
v     Klik pada kata yang akan diberi catatan kaki.
v     Untuk footnote Klik tab References lalu klik perintah Insert Footnote pada grup footnotes.
v     Dan untuk endnote, masih di tab References klik perintah Insert Endnote .
v     Lalu ketikan komentar dari kata tersebut.
v     Kita juga bisa langsung memberikan footnote/endnote dengan terlebih dahulu menentukan formatnya dengan cara klik perintah untuk menampilkan kotak dialog footnotes di sudut kanan bawah lalu akan muncul kotak dialog Footnote and Endnote.
v     Pada kotak pilihan location, tentukan dimana catatan kaki akan ditempatkan.
v     Pada pilihan format tentukan jenis penandaan nya apakan dengan format number pada
v     number format (tersedia beberapa pilihan) atau tanda lain pada Custom Mark (bisa dengan karakter khusus dengan memilih tombol Symbol).
v     Pada pilihan start at, tentukan nomor awal catatan kaki dimulai (bila menggunakan format nomor).

4.5 Penomoran Halaman
Untuk memberikan penomoran halaman, langkah-langkahnya:
v     Klik tab insert lalu klik page number pada grup header & footer.
v     Lalu tentukan letak penomoran dengan menyorot salah satu pilihan pada drop down (missal Top of page) lalu klik salah satu lay out yang ditampilkan (misal plain number 2).
v     Untuk memilih format lain pada page number, klik format page number masih di perintah page number (gambar 4.6 a) maka keluar kotak dialog page number format.
v     Tentukan format yang diinginkan pada pilihan number format lalu dari nomor berapa dimulainya penomoran pada pilihan start at:.


Bagian V
Menyisipkan Objek Lain Pada Word
5.1 Menyisipkan Simbol dan Rumus Matematika.
Adakalanya kita merasa kesulitan apabila harus memasukkan rumus dan simbol matematikaseperti kuadrat dan sebagainya. Namun dengan Equation kita dapat mengatasi kesulitan itu. Cara menggunakan Equation adalah:
v     Klik tab insert lalu klik Equation pada grup Symbols.
v     Maka dalam dokumen disediakan kotak khusus untuk memasukkan equation yaitu
v     Pada equation tools, yaitu tab design yang design yang muncul ketika insertion point berada di dalam kotak equation , dan terdiri dari grup tools, symbols dan structures, kita dapat memilih pada salah satu bentuk rumus atau simbol yang diinginkan ataupun melakukan pengaturan lain.
v     Setelah semuanya selesai, klik diluar kotak equation.

5.2 Menyisipkan Teks Indah
Kita dapat menyisipkan variasi teks yang sangat indah dan warna-warna atau design yang menarik dengan cara:
v     Klik tab insert lalu klik icon Word Art pada grup illustration.
v     Pilihlah jenis variasi yang diingikan pada tampilan preview.
v     Lalu muncul kotak dialog Edit WordArt Text
v     Ketikkan teks yang akan disisipkan. Lalu klik OK
v     Setelah teks disisipkan, kita dapat melakukan pengaturan WordArt menggunakan WordArt Tools yaitu tab Format yang muncul ketika teks yang disisipkan tersorot.

5.3 Menyisipkan Gambar dari Clipt Art
Microsoft Office Word 2007 juga menyediakan file gambar yang disediakan bersama paket Microsoft Office dan kita dapat menyisipkannya kedalam dokumen dengan cara:
v     Klik tab insert lalu klik icon CliptArt pada grup illustration.
v     Pada jendela Clip Art (muncul sebelah kanan), di kotak Search for, ketik kata yang berkaitan dengan clipt art, atau langsung saja klik Go untuk memunculkan gambar yang ada.
v     Klik pada gambar yang tampil.
v     Tutup dengan menekan tombol close pada task pane Clipt Art .

5.4 Menyisipkan Gambar Dari File Gambar
File gambar yang kita simpan di hardisk, flash disk, disket, CD, dsb. dapat disisipkan ke dalam dokumen yang sedang kita kerjakan dengan cara:
v     Klik tab insert lalu klik icon picture pada grup illustration.
v     Pada kotak dialog Insert picture (gambar 5.4), tentukan lokasi tempat gambar disimpan.
v     Klik gambar yang diinginkan lalu klik Insert.
Kita dapat melakukan pengaturan tampilan pada gambar menggunakan Picture Tools yaitu tab Format yang muncul ketika gambar yang disisipkan tersorot.

5.5 Menyisipkan Gambar Berbetuk Sederhana
Untuk menyisipkan gambar berbentuk sederhana (bangun datar) seperti segi empat, segitiga, segi lima, bintang, lingkaran, dsb. Langkah-langkahnya:
v     Klik tab insert lalu klik icon Shapes pada grup illustration.
v     Lalu pilih bentuk yang diinginkan.
v     Pointer mouse akan berbentuk palang (+).
v     Klikkan mouse pointer di salah satu posisi dimana gambar disisipkan lalu tarik (masih
v     tetap di klik) ke posisi lain sampai ukuran yang diinginkan.




(IlmuKomputer.com)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES